Mengulas Fitur Samsung S10 Plus

Samsung Galaxy seri S10 adalah smartphone premium keluaran Samsung meramaikan pasar smartphone di kelas yang sama dengan kompetitor lainnya dari sejumlah brand ternama lainnya. Salah satunya Samsung S10 Plus, yang diluncurkan tahun 2019 telah berhasil memikat hati masyarakat. Tidak heran jika Samsung menyebut seri ini sebagai “Ultimate Performance Edition” karena menawarkan lompatan kinerja yang signifikan. Dengan beragam fitur yang dimilikinya pun rasanya pantas jika Samsung Galaxy S10 Plus ini masuk ke kelas smartphone premium.

Daripada penasaran, berikut ini ulasan mengenai fitur-fitur Samsung S10 Plus yang dilihat dari beberapa aspek.

  • Performa

Soal performa, Samsung Galaxy S10 Plus menjadi ponsel tercepat kedua saat ini versi AnTuTu. Smartphone ini seperti puncak dari semua yang telah dicapai Samsung selama 10 tahun terakhir.

Performa Samsung Galaxy S10 Plus akan sangat terasa ketika digunakan bermain game, dimana keunggulan yang terlihat adalah dari sisi grafis dan kinerja aplikasi yang smooth. Ketika diposisikan dalam pengaturan game, dimana kualitas visual diatur menjadi tinggi, game tetap dapat berjalan dengan baik. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kalau Samsung Galaxy S10 Plus mampu menawarkan performa yang tinggi dalam menjalankan game mobile.

  • Layar

Samsung Galaxy S10 Plus memiliki layar Quad HD + AMOLED 6,4 inch Quad HD (3.040×1.440) + Curved Dynamic AMOLED, dengan rasio layar 19:9, 438ppi. Meskipun terdapat bezel kecil di sekitar layar, namun hal ini tidak menjadi hal yang besar karena layar tetap terasa mengisi sudut bagian depan smartphone. Selain itu, panel OLED pada Samsung Galaxy S10 Plus terasa cerah, dengan warna-warna cantik dan hitam pekat.

  • Desain

Layar ponsel seluas 6,4 inch terasa sangat enak dipandang, menjadi karya yang luar biasa yang diwujudkan Samsung dalam aspek desain. Tidak hanya layar yang baru, desain Samsung Galaxy S10 Plus terlihat pada rangka aluminiumnya yang tipis, dan lebih tipis dari smartphone-smartphone sebelumnya yang dikeluarkan Samsung. Smartphone ini juga dilengkapi Gorilla Glass 6 di depan dan belakang.

Bagian belakang Samsung S10 Plus diatur sejajar, dengan susunan kamera tiga lensa yang memiliki tonjolan kamera kecil.

  • Kamera

Samsung Galaxy S10 Plus adalah satu-satunya model dalam jajaran S10 dengan dua kamera menghadap ke depan. Dan merupakan satu-satunya perangkat yang mampu memotret selfie dengan fokus langsung. Yang menariknya lagi, Samsung telah menambahkan sejumlah efek tambahan pada fitur Live Focus. Fitur kamera yang ada adalah Color Point, Zoom Bokeh, dan Spin Bokeh.  Color Point dapat mengubah skala abu-abu sehingga hanya subjek yang dibiarkan berwarna, sementara itu Zoom Bokeh dan Spin Bokeh membuat pengguna tampak seperti tertuju ke arah kamera atau berputar-putar secara berurutan.

Samsung Galaxy S10 Plus memiliki fitur night mode otomatis yang sangat berguna karena membantu pengambilan gambar bahkan ketika kondisi minim pencahayaan. Hal ini tidak lepas dari dukungan Artificial Intelligence/AI yang salah satunya berfungsi untuk meningkatkan kualitas kamera. Selain untuk peningkatan kualitas kamera, teknologi ini juga membantu fitur Scene Optimizer yang bisa mengenali adegan pengambilan gambar lebih akurat.

  • Baterai

Samsung Galaxy S10 Plus dilengkapi dengan daya 4100 mAh yang cukup besar. Namun kapasitas baterai sebesar itu akan dapat cepat terkuras dengan aktivitas seerti pengambilan foto dan video, browsing, ataupun sosial media. Untuk pengisian dayanya, smartphone ini sudah menggunakan USB C-Type, dan proses pengisian dayanya kembali pun sangat cepat.