Milih Masuk IPA atau IPS? Simak Pembahasannya

Saat berada di bangku Sekolah Menengah Atas atau SMA kita akan dihadapkan pada pilihan jurusan yang mungkin akan membingungkan. Karena pemilihan jurusan ini tentu saja akan memiliki pengaruh yang besar untuk proses pendidikan selanjutnya atau bahkan prospek masa depan Anda ke depannya setelah lulus kuliah.

Tak heran jika akan ada banyak siswa yang merasa bingung ketika akan memilih jurusan IPA atau IPS ketika berada di bangku SMA atau kuliah. Nah, agar lebih mantap untuk memilih jurusan IPA atau IPS. Lebih baik Anda simak ulasannya berikut ini.

Lebih Baik IPA atau IPS? Simak Pembahasannya Yuk!

Untuk Anda yang bingung menentukan pilih masuk IPA atau IPS. Lebih baik simak ulasannya berikut ini dulu yuk!

Pastikan Sesuaikan dengan Minat dan Bakat Anda

Pertama, mau Anda ingin memilih jurusan IPA atau IPS. Satu hal yang harus Anda ingat adalah pastikan Anda menentukan pilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Sekarang coba Anda renungkan ingin jadi apa Anda 10 tahun mendatang?

Ketika memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki, maka sudah pasti Anda akan lebih enjoy menjalaninya. Jadi, tidak ada kata menyerah atau kecewa dan putus asa lagi.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Setiap Jurusan IPA dan IPS

Selanjutnya, pastikan Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing jurusan. Sebenarnya di kedua jurusan ini tidak ada yang memiliki kelebihan dan kekurangan! Karena kembali lagi ke minat dan bakat Anda.

Jika Anda ingin memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan dunia yang lebih bersifat sosial daripada pekerjaan yang sifatnya sains maka lebih baik Anda ambil jurusan IPS. Begitu juga sebaliknya! Karena jurusan ini akan memiliki peran penting untuk pekerjaan Anda di masa depan.

Pilih IPA untuk Anda yang Lebih Tertarik Pada Bidang Sains

Untuk Anda yang lebih tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang bidang sains, Anda bisa pilih jurusan IPA. Kebanyakan seseorang yang memilih jurusan IPA ini adalah anak yang rajin, suka membaca dan teliti dalam melakukan segala hal serta sabar. Tapi anda juga harus memikirkan kedepannya, anda akan disuguhkan berbagai macam kegiatan, misalnya saja kalian akan di tugaskan membuat larutan dalam kegiatan praktikum pembuatan larutan dan kegiatan lainnya yang sifatnya sains banget deh. Tapi seru juga kok masuk ipa, bias belajar mereaksikan berbagai macam zat dengan berbagai macam warna.

Pilih IPS Jika Tertarik pada Bidang yang Lebih Umum atau Sosial

Untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan cara belajar yang selalu harus membaca buku dan tidak suka saat berada di laboratorium. Pastikan Anda memilih jurusan IPS karena jurusan IPA tidak akan cocok untuk Anda. Di IPS ini anda tidak akan di beratkan berfikir dan begadang demi menulis laporan praktikum. Namum di jurusan IPS ini anda dituntut untuk berjiwa social yang tinggi dan pandai dalam menghafal segala bentuk mata pelajaran social.

Sudah tidak bingung lagi kan menentukan pilihan masuk IPA atau IPS? Semoga artikel ini membantu. Terimakasih.