Edmodo

Pengertian Edmodo
Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.
Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada.
Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.
Pada Edmodo, guru/dosen berada di tengah-tengah jaringan yang kuat yang menghubungkan guru/dosen kepada siswa/mahasiswa, administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.
Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa/mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui Edmodo disimpan dan mudah diakses. Guru/dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksi siswa/mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau kefrustrasian siswa/mahasiswa.
Permukaan Edmodo yang menarik, mudah menggunakan aplikasi yang personalisasi pembelajaran untuk setiap siswa/mahasiswa. Aplikasi ini membantu guru/dosen untuk memperkuat rencana pelajaran/perkuliahan mereka dengan mengintegrasikan dengan Edmodo, yang memberikan semua konten digital dalam satu tempat.
Edmodo menggunakan desain yang mirip dengan Facebook, dan menyediakan guru/dosen dan siswa/mahasiswa tempat yang aman untuk menghubungkan, berkolaborasi dan berbagi konten. Guru/dosen juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa.       Siswa/mahasiswa dapat mengajukan pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar guru/dosen mungkin telah diposting tentang tugas mereka. Guru/dosen juga dapat membuat jajak pendapat dan topik posting untuk diskusi di kalangan siswa/mahasiswa. Guru/dosen dapat membedakan dan menciptakan belajar mandiri melalui penciptaan sub-kelompok dalam kursus. Setelah setiap periode kursus selesai, guru/dosen menutup keluar jaringan dan menciptakan yang baru untuk kursus berikutnya.
Seiring dengan skenario pembelajaran yang tercantum di atas, pendidikan situs jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik untuk terhubung dengan siswa dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan merefleksikan bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan. Edmodo menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi siswa/mahasiswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.
Dalam upaya untuk mencegah orang luar bergabung dengan jaringan sekolah/kampus, Edmodo menyediakan kode khusus untuk sekolah/kampus dan kelas. Kode-kode ini diberikan kepada siswa/mahasiswa dan diperlukan untuk bergabung dengan kelompok. Perusahaan ini baru-baru ini meningkatkan keamanan layanan Edmodo dengan menerapkan perlindungan injeksi SQL untuk mencegah akses tidak sah ke sumber daya website dan database.

Manfaat Edmodo untuk Pembelajaran
Edmodo mempunyai beberapa manfaat dalam pembelajaran sebagai berikut :
Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru dan murid.
Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
Selain itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid.
Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.
Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut
Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.
Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.

Fungsi Edmodo
-Untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau murid dengan guru/ dosen.
-Sebagai sarana komunikasi belajar/ berdiskusi.
Sebagai tempat untuk ujian/quiz, dll.
-Dengan semua fitur-fiturnya, dunia maya harus menjadi media yang sempurna untuk meningkatkan kehidupan nyata pendidikan. Mencari tool pengajaran dan pembelajaran online tidaklah mudah. Untungnya, situasi telah perlahan-lahan bergeser menjadi lebih baik. Ada beberapa tool pendidikan yang hebat bermunculan di sana-sini, dan Edmodo adalah salah satunya.
Dalam Sudut Pandang Guru
Edmodo menggambarkan dirinya sebagai “jaringan sosial pembelajaran yang aman bagi guru dan siswa”. Mereka membuktikannya dengan menyediakan dua jenis tombol yang dapat Anda pilih, yaitu “I’m a Student” dan “I’m a Teacher“.
Untuk tujuan percobaan, mari lihat layanan dari kedua perspektif. Dimulai dari sisi guru terlebih dahulu. Window sign up terlihat biasa dengan semua field biasa untuk diisi. Tapi kemudian Anda akan melihat bahwa versi siswa memiliki perbedaan khas.
Setelah mendaftar, Anda akan mendarat di halaman home Edmodo Anda. Ini mirip dengan Facebook, dengan beberapa modifikasi di sana-sini untuk membuatnya cocok untuk tujuan pendidikan. Area update digunakan sebagai tool untuk mengirim Notes, Alarm, Tugas, dan Polling untuk sesama siswa atau guru lainnya.
Dalam Sudut Pandang Siswa
Jika Anda seorang siswa, proses pendaftaran sedikit berbeda. Selain informasi dasar pribadi Anda, Anda juga akan memerlukan kode kelompok yang akan Anda bergabung dengannya. Ini adalah kode bahwa guru Anda akan mendapatkan ketika mereka membuat kelompok. Setelah login, Anda akan menemukan daftar kelompok bahwa Anda telah bergabung tepat di bawah avatar anda. Jika Anda ingin bergabung dengan kelompok lainnya, memiliki kode akses dan klik tombol “Join”.
Edmodo memiliki cara untuk menjaga privasi pengguna. Konsep kelompok akan membatasi segala sesuatu yang terjadi dalam kelompok di dalam anggota kelompok. Dan karena tidak mungkin untuk bergabung dengan kelompok apapun tanpa kode akses, guru dapat menjaganya agar tidak keluar dari kelompok.

Fitur-Fitur yang Terdapat pada Edmodo
Terdapat banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan Edmodo untuk menunjang proses pembelajaran. Berikut fitur-fitur yang terdapat pada Edmodo :
-Polling
Polling merupakan salah satu fitur yang hanya dapat di gunakan oleh guru. Fitur ini biasanya di gunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu. Fitur Edmodo yang satu ini merupakan cara yang sangat baik untuk mendapatkan feedback instan mengenai sebuah event yang baru saja terjadi, tugas, dan sebagainya. Polling dapat digunakan untuk membuat para murid memahami makna ilmu yang baru dipelajari. Untuk menggunakan fitur polling, lakukan langkah-langkah berikut :
Pada halaman grup yang Anda miliki, klik “Poll ” di toolbar bagian atas.
Ketik pertanyaan yang akan dijadikan polling pada bagian kotak “Question ”.
Ketik pilihan jawaban yang ingin Anda berikan untuk dipilih murid pada kotak “Answer ”. Jika ada lebih banyak jawaban untuk dipilih, Anda tinggal menambah jawaban tambahan dengan meng-klik “ Add Answer”.
Ketik nama murid, guru, atau grup tujuan yang Anda ingin menjawab polling tersebut.
Anda bisa memilih untuk “Send Now” (jika ingin dikirimkan saat itu juga) atau “Send Later ” (jika ingin dikirimkan nanti pada waktu tertentu (besok, besok lusa, dll), atau istilahnya dijadwalkan).
-Gradebook
Fitur gradebook mirip seperti catatan nilai siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis. Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa. Penilaian tersebut juga dapat diexport menjadi file .csv. Pada fitur Gradebook, guru memegang akses penuh pada fitur ini sedangkan siswa hanya dapat melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.
Fitur gradebook sangat membantu untuk membuat catatan nilai yang terorganisir dengan cepat. Guru dapat dengan mudah menambahkan periode penilaian pada Progress Book, menambahkan tugas dan nilai menggunakan komputer, dan kemudian memantau nilai-nilai dari tiap murid dengan mudah. Data yang terorganisir juga membuat guru lebih mudah memantau progress tiap-tiap murid, kemajuannya dalam proses belajar, serta peringkat murid di sebuah kelas.

-File and Links
Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file tersebut ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain. Sewaktu-waktu, ketika menjelaskan sesuatu, terkadang guru membutuhkan tambahan materi seperti gambar agar murid dapat lebih memahami pelajaran yang diberikan. Disinilah gunanya fitur File dan Links yang ada pada Edmodo. Hanya dalam waktu singkat, guru dapat mengunggah gambar, video, teks, atau apapun yang menurutnya dapat meningkatkan rasa keingintahuan murid ketika belajar.
Jika suatu tambahan materi tersebut sudah tersimpan di dalam komputer , maka guru dapat menggunakan fitur file untuk mengunggahnya agar dapat dilihat murid. Sementara jika tambahan materi tersebut masih berada di dalam website tertentu dan ukurannya cukup besar untuk diunduh, guru dapat memberikan link yang dapat diakses siswa untuk memahami suatu pelajaran.
-Quiz
Fitur Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk membuat quiz. Mereka hanya bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru. Quiz digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa pilihan ganda, isian singkat maupun soal uraian.
Dengan menggunakan edmodo, quiz pun terasa lebih mengikuti perkembangan zaman, karena guru dapat membuat sebuah quiz dengan menyisipkan gambar atau bahkan video sebagai bahan pelengkap pertanyaan quiz. Guru juga dapat menyimpan pertanyaan quiz dalam Library pada edmodo, sehingga di kemudian hari dapat digunakan lagi di kelas selanjutnya. Setelah mengerjakan quiz, murid pun dapat mengetahui hasilnya dengan cepat dan dapat melakukan Retake quiz jika dirasa nilainya masih kurang.
-Library
Dengan fitur ini, guru dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar, video, sumber referensi, dan lain-lain. Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun murid.
Fitur library ini sangat berguna untuk para guru yang kewalahan memiliki ratusan file di komputer sekolah, atau daftar bookmark panjang untuk halaman web yang berguna sebagai materi pembelajaran. Library Edmodo menyediakan kapasitas tanpa batas yang membuat setiap guru mampu menyimpan, mengurutkan, membagi, dan mengorganisir berbagai macam dokumen hanya dalam satu akun. Dokumen yang terdapat dalam Library virtual ini kemudian juga dapat diakses dimanapun dan dibagikan dengan guru-guru lainnya.

-Assignment
Fitur ini digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada murid secara online. Kelebihan dari fitur ini yaitu dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang memungkinkan siswa untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang berfungsi menandai bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.
Di bagian feature inilah guru juga dapat lebih dimudahkan perannya. Assignment atau tugas yang sebelumnya pernah diberikan pada murid di periode sebelumnya, bisa kembali diberikan pada murid di periode berikutnya. Tugas untuk murid ini bisa disimpan di Library untuk digunakan kembali di masa depan, sehingga tidak terbuang atau tercecer begitu saja. Sesama guru juga dapat saling berbagi materi tugas yang diberikan pada murid sehingga tugas lebih bervariasi.
-Award Badge
Untuk memberikan suatu penghargaan kepada siswa atau grup, biasanya guru menggunakan fitur award badges ini. Badge yang diberikan tentunya akan menunjukkan track record positif murid. Guru dapat dengan mudah menyediakan badge untuk murid-murid berprestasi yang telah mengerjakan quiz dan tugas lainnya dengan hasil sangat baik.
Badge ini juga dapat menjadi motivasi bagi murid untuk mengerjakan berbagai tugas dengan baik. Adanya penghargaan membuat seseorang lebih bersemangat untuk mengerjakan sesuatu. Guru pun dapat mengatur juga untuk memberikan badge untuk beberapa murid sekaligus. Sayangnya, badge hanya dapat diberikan dari guru oleh murid, tidak untuk sesama guru lainnya. Walaupun begitu, beberapa Badge Edmodo diberikan otomatis kepada guru, misalnya jika guru tersebut adalah guru pertama dari suatu sekolah yang bergabung dengan Edmodo.
-Parent Code
Setiap kali seorang murid membuat akun student di Edmodo, murid tersebut otomatis juga akan mendapatkan sebuah Parent Code unik yang dapat digunakan oleh orang tuanya untuk juga membuat akun khusus orang tua. Setiap orang tua hanya membutuhkan satu
Parent Account , yang dapat memantau semua grup yang diikuti oleh murid. Jika sepasang orang tua memiliki lebih dari satu anak, orang tua tersebut hanya membutuhkan satu buah akun yang dapat memantau proses belajar semua anaknya hanya dari satu akun tersebut.
Dengan fitur ini, orang tua murid dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak-anak mereka. Untuk mendapatkan kode tersebut, orang tua murid dapat mendapatkannya dengan mengklik nama kelas/ grup anaknya di Edmodo atau dapat memperolehnya langsung dari guru yang bersangkutan.

Kelebihan Edmodo
-User Interface
Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk di gunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
-Compatibility
Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti : pdf, pptx, html, swf, dan lain sebagainya.
-Aplikasi
Edmodo tidak hanya dapat di akses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa di akses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.

Kekurangan Edmodo
-Social Media
Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun seperti facebook, twitter, atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagi pula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com dari pada edmodo.com.
-Language
Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
-Video Conference
Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.

Daftar Pustaka

https://www.nesabamedia.com/p engertian-manfaat-dan-fitur-edmodo/
Pengertian, Fungsi, Kegunaan, Kelebihan, dan Kekurangan Edmodo
http://edmodo.com

Manual Book Edmodo Kelompok 4

Leave a Reply