PERSIAPAN PASIEN DAN METODE OPERASI WASIR

Operasi wasir merupakan salah satu cara yang harus ditempuh oleh penderita wasir terutama yang sudah stadium 4. Bagaimana ciri-ciri wasir yang harus dioperasi? Biasanya wasir yang sudah parah, benjolan yang keluar pada anus sudah tidak dapat didorong ke dalam dengan tangan atau alat dan disertai dengan pendarahan hebat. Ketika Anda atau saudara Anda sudah mengalami tahap ini segera bawa ke rumah sakit dan persiapkan diri Anda untuk melakukan operasi.

INILAH PERSIAPAN OPERASI WASIR

Bagi penderita wasir yang harus menjalani operasi harus menyiapkan mental. Karena jika Anda merasa gelisah, kemungkinan tekanan darah Anda akan naik dan operasi tidak dapat dilakukan terutama bagi penderita tekanan darah tinggi. Berikut ini adalah yang harus Anda siapkan sebelum melakukan operasi wasir:

  • Menyiapkan mental dan yakin operasi akan berjalan lancar.
  • Mempersiapkan berkas yang diperlukan terutama jika operasi Anda ditanggung oleh BPJS.
  • Berpuasa selama 6 sampai 8 jam tergantung perintah yang diberikan oleh dokter.
  • Terus bersikap tenang terutama bagi penderita tekanan darah tinggi.

Bagi Anda yang akan melangsungkan operasi cukup dengan mempersiapkan diri Anda secara baik dan juga tetap tenang. Karena jaman sekarang metode medis di semua klinik wasir sudah cukup canggih.

METODE DILAKUKANNYA OPERASI WASIR

Pasien penderita wasir yang akan melakukan operasi tidak perlu khawatir, karena pengobatan dan metode operasi sudah sangat canggih. Berikut ini adalah beberapa metode dari operasi wasir:

  • Stapling

Metode stapling merupakan salah satu cara untuk menangani wasir. Metode ini dapat dilakukan dalam waktu singkat. Jenis operasi ini menggunakan bantuan alat khusus yang berfungsi untuk menjepit bagian dari usus besar yang terdapat hemoroid sehingga wasir menjadi menyusut.

  • Hemoroidektomi

Pada metode ini dilakukan pengangkatan wasir yang ada pada anus. Pengangkatan dilakukan dengan cara memotong dan diakhiri dengan menjahit baik pada bagian luka tertutup maupun terbuka.

  • Ligase Arteri Hemoroid

Ketika metode ini diterapkan pada pasien penderita wasir maka perlu dilakukan pembiusan umum terlebih dahulu. Kemudian akan dimasukkan alat ke dalam anus yang nantinya berfungsi untuk menghentikan aliran darah sampai wasir menyusut.

Demikian itu adalah persiapan dan juga metode operasi yang digunakan pada pasien penderita wasir.